Dari Puncak Tambora Hingga Desa Mantar. Ini Sumbawa!

Senang sekali rasanya ketika buka instagram dan searching hastag #JelajahSumbawa dan #AyoKeSumbawa ada ratusan bahkan ribuan foto-foto keren disana. Ini kabar baik buat pariwisata Sumbawa. Kita semua meyakini, semakin banyak orang-orang yang berbagi foto tentang keindahan alam di Sumbawa semakin banyak pula orang-orang yang tahu dan ingin ke Sumbawa serta yang pasti Sumbawa memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dan gak kalah dari Bali maupun Lombok hanya saja belum terxplore secara menyeluruh. Disitulah letak tantangannya, tarveling ke Sumbawa punya daya tarik dan sensasi tersendiri karena kamu bakal menemukan tempat-tempat baru, benar-benar alami dan yang pasti kamu akan merasa seperti sedang berada di kawasan pribadi karena masih sepi. Keamanan? Hmm Sumbawa terkenal dengan keamanan pariwisatanya. Masyarakat Sumbawa adalah masyarakat yang ramah dan sangat menghormati tamu. Sapalah mereka, maka mungkin kamu akan mendapatkan makan siang gratis di Sumbawa. Orang Sumbawa sangat terbuka dengan para pendatang apalagi para traveler yang datang dengan niat baik untuk berkenalan dan ingin menikmati indahnya Pulau Sumbawa. So tunggu apalagi. kemasi ranselmu. Ayo ke Sumbawa!

Di bawah ini adalah foto-foto terbaik minggu ini (30/05) dengan hastag #JelajahSumbawa dan #AyoKeSumbawa. Di cek yuk kali aja ada foto-foto kamu!

Cerita Pulau Kaung, Kawin Dulu Baru Bisa Keluar

Pulau Kaung mungkin tidak banyak yang pernah datang mengunjunginya mungkin kalah terkenal dengan pulau tetangganya yaitu Bungin, untuk itu saya mencoba memperkenalkan pulau Kaung yang tidak kalah menarik dari Bungin, di kaung ini juga banyak menyimpan sejarah dan keunikannya, sejak memasuki Kaung suasananya pun hampir sama dengan Bungin yaitu aroma laut dan arsitektur rumah panggung kayu khas pesisir suku badjo dan Bugis, semua penduduk Kaung berasal dari Suu Badjo, Mandar dan Bugis di Sulawesi dan beberapa juga sudah kawin mengawin dengan orang pribumi (Sumbawa).

Pagi hari sekitar jam 9 saat memasuki pulau Kaung saya terkejut melihat seekor kambing memakan kertas dengan lahapnya seperti dia memakan daun, sayapun menanyakan hal itu kepada seorang ibu yang sedang menyapu halaman, sang ibupun bilang bahwa kambing disini memang sukan makan kertas.

Kemudian saya melanjutkan untuk berkeliling pulau Kaung bersama dua orang teman si Alam dan si Lance yang sudah duluan didepan untuk menuju dermaga kaung, saya terpana melihat rumah-rumah di kaung dengan aneka warna-warni cat rumah mereka yang mencolok sangat indah dan membuat suasananya ceria, Pulau kaung masuk di wilayah Desa Kaung Kelurahan Buer Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa.

The Beauty of Sumbawa Barat

Kabupaten Sumbawa Barat sebagai salah satu daerah dari sembilan kabupaten/kota yang berada pada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat terletak di ujung barat Pulau Sumbawa pada posisi 116o 42’ sampai dengan 117o 05’ Bujur Timur dan 08o 08' sampai dengan 09o07’ Lintang Selatan. 

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki potensi destinasi wisata yang tak kalah indah dan menarik dari daerah lain. Mulai dari wisata bahari, pegunungan, adat istiadat sampai kuliner KSB punya ciri khas tersendiri. Sebut saja Danau Lebo, Desa Mantar, Pantai Yoyo, Tropical, Pulau kenawa, dan lainnya. Hanya saja masih kurang promosi dan pembenahan saja. Pelan-pelan saya yakin pariwisata KSB pelan-pelan akan mendunia dan menjadi destinasi yang diminati wisatawan. 

Nah foto-foto di bawah ini adalah bukti bahwa Sumbawa Barat itu indahnya bukan hanya kabar saja melainkan keindahan yang nyata. Foto-foto ini adalah milik instagramers yang menggunakan hastag #KSB, #SumbawaBarat dan hastag nama-nama lokasi wisata tersebut. 

Come on guys, #AyoKeSumbawa dan nikmati keindahan yang super alami serta sensasi yang berbeda dari tempat lainnya. 

20 Foto Terbaik Bulan Ini di #JelajahSumbawa

Halo traveler!
Siapa yang masih belum pernah ke Sumbawa? Waah sepertinya perlu "racun" yang lebih nih untuk memotivasi kamu untuk keluar dan menjelajah ke Sumbawa. Ada banyak banget destinasi-destinasi baru dan indah yang bisa kamu datangi disini. Destinasi lama bukan berarti gak indah tapi semua akan menjadi pilihan yang membingungkan buat kamu pilih. Jadi, ayo buruan! Dahsyatnya air terjun Agal udah nunggu kedatangan kalian, hamparan hijau sawah-sawah juga udah siap memanjakan mata kalian, Gili-gili indah nan eksotis juga sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi permainan tradisional seperti Barapan Kebo dan Main Jaran dengan Joki Kecilnya siap memacu adernalinmu. Jangan lupa Keindahan dan beningnya air terjun Mata Jitu juga udah manggil-manggil kalian untuk nyeburr...

Oh iya, terimakasih banyak buat sahabat-sahabat traveler yang sudah membagikan destinasi-destinasi wisata keren yang ada di sumbawa di social media mereka. Foto-foto keren kalian dengan taggar #JelajahSumbawa dan #AyoKeSumbawa memang luar biasa dan kami sudah mengumpulkan 20 foto terbaik dari taggar tersebut untuk bulan ini. Jadi kalau kamu juga pengen foto-foto terbaikmu mejeng di website ini, jangan lupa pake hastag #JelajahSumbawa atau #AyoKeSumbawa. Sertakan juga lokasi fotomu ya apalagi kalau kamu bisa menjelaskan itenerary-nya. TOP deh!

Sekali lagi terimakasih sudah mengenalkan Sumbawa ke seluruh dunia dan ini dia 20 foto terbaik bulan ini dengan hastag #jelajahSumbawa dan #AyoKeSumbawa

Air Terjun Agal, Salah Satu Air Terjun tertinggi di Indonesia!

Pulau Sumbawa yang merupakan salah satu pulau utama dalam provinsi Nusa Tenggara Barat adalah pulau yang tidak terlalu banyak dikenal khususnya dalam dunia pariwisata. Namanya tidak setenar pulau Lombok, yang notabene adalah pulau tetangga yang masih dalam satu bingkai dalam propinsi NTB.  Luas Pulau Sumbawa hampir sama dengan 3 kali luas pulau Lombok, terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Dari ke 4 Kabupaten yang ada di pulau Sumbawa, belum ada satupun Kabupaten yang menjadikan Pariwisata sebagai Leading sector dalam meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata dengan memanfaatkan potensi potensi keindahan alam yang ada,  dan Kabupaten Sumbawa adalah salah satunya.

Kurang gencarnya promosi, dan keseriusan pemerintah lokal dalam membangun pariwisata di pulau Sumbawa menjadikan semua daerah di pulau Sumbawa sepi aktivitas kepariwisataan,  Tapi jika bicara potensi, pulau Sumbawa tak kalah menariknya. Pesona alamnya yang tak terjamah bak permata yang tersembunyi.

Di beberapa daerah di Indonesia, air terjun telah menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Ada yang sudah mainstream, namun tetap diminati, karena memang memiliki keindahan dan kelebihan yang mampu menarik siapapun untuk datang mengunjunginya. Mungkin anda sudah mengenal beberapa nama dan lokasi air terjun tertinggi dan terindah di Indonesia, seperti Air Terjun Sipiso piso di Sumatera Utara, Air Terjun Gojogan Sewu di jawa Tengah, Air Terjun Sendang Gile di Lombok Utara dan lain-lain.

Disamping sisi keindahannya, air terjun adalah merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi dan bermanfaat bagi penyegaran pikiran.