Selamat Datang, Traveler!

Baca Juga


Selamat datang di JelajahSumbawa.com disini kamu akan diajak untuk berjalan-jalan hemat menuju pulau Sumbawa. Apa yang kamu ketahui tentang Sumbawa? Mari berkenalan dengan Pulau Madu dan Susu kuda liar serta pulau emas ini.


Letak Geografis Pulau Sumbawa
  • Barat – Timur     : 166″ 42′ bujur timur dan 118″ 22′ bujur timur 
  • Utara – Selatan : 8″ 8′ lintang selatan dan 9″ 7′ lintang selatan
Berikut Batas wilayah Pulau Sumbawa :
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Flores 
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan kabupaten Dompu
  • Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Samudra Indonesia 
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa Barat

Jadi jika kamu dari wilayah barat (Mulai dari Lombok, Bali, Jawa kesananya lagi) Kamu kana masuk ke pulau Sumbawa melalui Pelabuhan Poto Tano atau jika menggunakan pesawat
akan langsung turun di Bandara Brang Biji yang berada di pinggiran Kota Sumbawa. Akan tetapi jika kamu ingin mendapat pengalaman lebih ku sarakan agar sebaiknya melalui jalan darat saja. Kenapa? Jawabannya kamu pasti tahu, iya karena begitu banyak pemandangan yang menakjubkan disepanjang jalan dari mulai Pelabuhan Poto Tano hingga ke Dalam Kota sumbawa yang memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan umum berupa Bis AC atau engkel (Bis Mini khas Sumbawa dan Lombok).


Poto Tano Harbour, Dermaga II

Poto Tano Harbour, Dermaga I

Pelabuhan Poto Tano Sendiri Berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).  Poto Tano oleh masyarakat Sumbawa disebut "Lawang Desa" atau Gerbang Desa, Masyarakat Sumbawa biasa menyebut Sumbawa dengan sebutan "Desa Kami" sebagai ungkapan rasa bangga dan rasa memiliki yang kuat pada tanah kelahirannya. Keluar dari Pelabuhan Poto Tano kusarankan agar kamu mempersiapkan beberapa hal dan peralatan sebagai berikut :

1. Kamera
Kamu tentu tak ingin melewatkan pemandangan alam khas Sumbawa begitu saja tanpa mengabadikannya. Pulau-pulau kecil yang berjejer di Pantai sekitar pelabuhan sungguh menakjubkan. Pulau-pulau kecil tersebut kebanyakan adalah pulau Sabana yang menghijau ranum dan segar saat musim hujan dan kuning emas saat musim panas. dan salah satu pulau yang sangat banyak diminati wisatawan adalah pulau Kenawa (Cek Postingan lainnya untuk info pulau kenawa).

2. Sun Block
Hahahaha... Cuaca Sumbawa itu so Hot! Disinilah kamu akan benar-benar merasakan apa yang dinamakan iklim tropis. Jika tak ingin kulitmu kaget oleh panas matahari dan memerah siap siapkan sub block sebelum menyusuri wilayah Pulau Sumbawa.

3. Uang Saku Scukupnya
Menikmati alam Sumbawa tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, ikuti saja terus blog ini. Karena saya akan mengajakmu berkeliling Sumbawa dengan murah dan nyaman :)


Ringkasan Budged Menuju Sumbawa (from Lombok) :

By Bus (Lombok -> Sumbawa)   : Rp.60.000
By Motorcycle                              : Bensin Rp.20rb + Tiket Masuk Pelabuhan Rp.2rb + Tiket Kapal Rp.49rb


Ikuti terus postingan diblog ini. Sampai Jumpa di Postingan berikutnya Traveler. :)



Sumber foto : google.com :D

Share:

2 komentar:

  1. Nice Info!! lumayan untuk nambah pengetahuan!

    BalasHapus
  2. ikuti terus yah..
    akan banyak informasi tentang jalan-jalan hemat ke Sumbawa :)

    BalasHapus

Book Your Holiday Here