Pantai Labu Pade, Wisata Pantai All in One

Baca Juga


Bagi sebagian masyarakat Sumbawa, Pantai Labu Pade sudah tidak asing lagi karena kawasan wisata keluarga yang memasuki tahun ke-2 sejak pembukaannya ini menjadi buah bibir dan tujuan rekreasi yang masih menduduki tingkat teratas. Siapa penduduk Sumbawa tak mengenal pantai Labu Pade? Sangat jarang yang tidak Tahu. Kenapa begitu?

Pantai Labu Pade terletak di Kecamatan Utan, Sumbawa Besar bagian tengah, jika dari pelabuhan Poto Tano kita akan melewati 3 kecamatan. Pertama kecamatan Poto Tano (KSB), lalu Kec. Alas Barat, dan kec. Alas. Dari Pelabuhan poto tano menuju Pantai Labu Pade memakan waktu lebih kurang 1 jam perjalan menggunakan kendaraan umum berupa Engkel (bis antar kecamatan). kamu harus berhenti tepat di Simpangan Penyorong yang letaknya sebelum memasuki kota kecamatan Utan. Disimpangan itu kamu akan menemukan papan penunjuk, tinggal ikuti saja arah itu. Jarak dari Simpangan ke Kawasan Pantai Labu Pade lebih kurang 7 km dan akan ada bapak-bapak tukang ojek yang siap mengantarkan kamu menuju gerbang Kawasan Wisata pantai Labu Pade.

Tempat Istirahat yang Tepat!

Lalu kenapa harus kawasan wisata Pantai Labu Pade? 
Pertanyaan yang bagus. Jika di Pulau Lombok kamu bisa menemui pantai senggigi dengan pasir putih dan aneka makanan khasnya saja di Pantai Labu pade selain kamu bisa menikmati Pemandangan Pantai Tropis dengan ombak yang tenang Pantai Labu Pade juga menyediakan Berugaq-Berugaq (Gazebo) yang berjejer menghadap pantai, dan di sisi setiap Berugaq terdapat pohon Waru dengan bunga-bunga berwarna kuning dan daun hijau menyejukkan. Arena bermain anak juga ada disini, seperti perosotan, Timbangan dan sebagainya seperti yang banyak kamu temu di wanahan bermain anak Taman Kanak-kanak. Jadi tak salah jika pengunjuk yang memadati tempat ini kebanyakan rombongan keluarga. Bagaimana dengan makanan, Hmm Kawasan Dusun Labu Pade merupakan dusun yang didiami oleh penduduk yang heterogen dalam hal asal usul naum homogen dalam mata pencaharian. Labu Pade yang merubakan Bagian Dari desa Pukat ini didiami oleh Pendatang yang berasal dari Makasar, Lombok dan Sulawesi, juga terdapat sebagian kecil yang dari Flores. Seperti kita ketahui asal usul penduduik yang saya sebutkan itu merupakan wilayah-wilayah yang terkenal dengan para pelaut ulungnya dan kemahiran mereka dalam menangkap ikan. Lalu apa hubungannya asal usul mereka dengan menu yang bisa didapat di Pantai Labu Pade? Ya. beraneka macam masakan berupa ikan bisa kamu pesan dikantin Pantai La Pade. Ada Cumi Bakar Kecap, Cumi Pedas manis, Cumi Madu, Ikan Bakar, Sepat, Singang, Plecing Kangkung, Gecok, dan lain-lain yang akan diantarkan langsung oleh pengelola pantai bahkan tak jarang kepala Kawasan Wisata ini sendiri yang terjun langsung membawakan kamu makanan dengan senyum hangat dan tawaran bantuan yang kamu perlukan. Hmm dimana lagi akan kau jumpai wisata pantai dengan pengeloilah seramah ini? Jika ingin berhemat kamu bisa membawa makanan sendiri. 

Canoe dan Banana Boat ini DI SEWAKAN! hehe

Pantai Labu Pade selain terkenal dengan keindangan dan ketenangan pantainya, juga terkenal oleh kebersihan dan kerapian tata letaknya. Petugas kebersihan bekerja sepanjang hari membersihkan kawasan ini. Bahkan daun Waru yang baru jatuh saja tak akan luput dari mata sang petugas kebersihan. Apalagi sampai bekas makanan? itu benda langkah di Pantai ini.

Tak seru jika ke pantai hanya duduk menikmati angin sepoi-sepoi. Cobalah berjalan ke arah utara pantai ini, kau akan temui sebuah Lapangan Voly Pantai yang berada tepat di depan pantai. Jika ingin bermain kamu tinggal memanggil petugas dan meminjam Bola Voly. Gratis, namanya juga minjam! Atau jika ingin berenang di pantai yang tenang ini petugas pantai juga menyediakan Ban, Kano dan Banana Boat untuk memuaskan liburanmu. bagian yang ini tentu saja kamu harus membayarnya :)

Live Musik
Nah satu lagi yang membuat pantai Labu Pade lebih sempurna dari pantai lainnya. Jika kau berkunjung pada hari minggu maka aku akan menemukan keramaian disamping gerbang pantai ini. Disana terdapat sebuah panggung besar dengan alat musik lengkap. Siapa saja boleh ikut bernyanyi, tinggal mengusulkan diri saja ke Para petugas disana. Akan ada banyak tepuk tangan dan sorakan jika kamu pede untuk menyumbangkan suaramu. Anak-anak Band mana saja boleh menggunakan alat musik disana, gratis!

Pasir Pantai La Pade

Lapangan Voly

Sunset dengan Siluet G. Rinjani- Lombok

hahaha in gue!

Cocok buat foto Prewedding, Juga! (model, Aku dan Kakakku :D )


Hmmm.. Sumbawa memang pulau yang tak begitu banyak orang yang tahu, tapi setelah membaca blog ini? Masih belum berminat? Ikuti terus yah..


Rincian Budged Menuju Pantai Labu Pade dari pelabuhan Poto Tano
- Engkel/ Bis                                : Rp.15000
- Ojek Dari Simpang penyorong : Rp.3000
- Tiket Masuk                             : Rp. 4000
- Makanan di Pantai LP            : Rp. 50.000 keatas

Segera rencanakan perjalanamu kawan! Sumbawa menantimu berkenalan.

salam,



Share:

6 komentar:

  1. Foto2 nya yang bikin keren Jie! apalagi foto yang pertama, semoga cuman sekali diambil :P. aq baru 2X ke LP.

    BalasHapus
  2. hahahaha.. tulisan masih acakadut. wkwkwk

    itu sekali ambil tuh. Imam yg foto.

    ayo lebaran haji ke LP

    BalasHapus
  3. liat papan selancar jadi inget "chairil meluncur" di sini http://timurlombok.blogspot.com/2011/04/chairil-meluncur.html memang ya, banyak potensi di NTB. tapi kurang dimunculkan lewat media, pemerintah gak memromosiiinnya

    BalasHapus
  4. saya suka blogmu, kalo dah balik ke Sumbawa, aku ingin buat artikel petualangan tentang keindahan Pulau Sumbawa dan budayanya, salam kenal ^_^

    BalasHapus

Book Your Holiday Here