Masih Tentang Pesona Poto Tano - Sumbawa

Baca Juga


Menuju Sumbawa atau hendak keluar Sumbawa melalui jalur laut tentu kita tak akan melewatkan Poto Tano. Pelabuhan yang merupakan "lawang desa" kata orang Sumbawa. Disini kau akan menemukan gugusan-gugusan bukit batu dengan rumput-rumputnya yang apabila sedang kemarau berwarna kuning serupa bulu jagung kering, bila musim hujan terlihat sangat hijau suburlah ia menyejukan mata. Tapi apapun musimnya bukit-bukit da pulau-pulau kecil itu tetap mempesona dan menarik untuk di lihat. Bgeitu juga dengan laut dan semua elemen di Poto Tano, menarik untuk di abadikan. Maka tak salah jika aku tidak bisa mendiamkan kamera begitu saja jika sedang berada di tempat ini. Meski sudah berkali-kali memotret objek yang sama tetap tak pernah bosan. Inilah luar biasanya ilahi, Karyanya luar biasa dan tak akan habis untuk dinikmati.

Yah, inilah Pelabuhan Poto Tano. Pelabuhan yang terletak di desa bersahaja  Poto Tano. Pulau-pulau kecil yang seperti terhampar begitu saja membuat pemandangan disini mempunyai daya pikat tersendiri. Melihat pulau-pulau kecil yang hijau itu, menggelitik rasa penasaran untuk menyambanginya suatu saat. Pastilah lebih indah disana.

Jika kamu adalah pendatang yang baru saja tiba di Poto Tano, aku ingin bertanya. Kau hendak ke mana dari sini? ke Sumbawa Barat? Sumbawa Besar, Bima atau Dompu? Jika jawabanmu ke Sumbawa barat makan berbeloklah ke kanan di bundaran "Kemutar Telu" yang akan kau jumpai setelah keluar dari Pelabuhan. Tapi jika kau hendak ke Sumbawa besar, Bisa dan Dompu maka silahkan berjalan lurus mengikuti alur jalan yang di pinggir kirinya membentang lautan biu bening dan di kanannya menjulang bukit-bukit batu nan gagah sekaligus cantik. Melihat bukit-bukit dengan lembah sabana di kakinya mengingatkanku pada padang-padang rumput di negara-negara eropa. Andaikan di Sumbawa bersalju, maka bukin-bukit inilah bukit bersalju terindah barangkali. Ah.. tida berlebihan karena memang demikian menurut pandangan dan rasaku. Tapi tanpa saljupun tempat ini tetap menjadi favoritku untuk berhenti sejenak menikmati alam dan memanjakan mata. Meski terkadang aku harus ketinggalan kapal.

Oke, selamat menikmati foto-foto sederhana ini. di share sebanyak-banyaknya juga boleh.
















Share:

6 komentar:

  1. wowww,, santai di tempat kaya gini bisa ngilangin strees nih :))

    BalasHapus
  2. subhanallah..sungguh takjub aku melihat foto-foto yang ada..membayangkan saya sendiri berada di sana di atas pasir putih dan bermain air laut nan biru...wowwww :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Gilak...!
    Cantik Nian Sumbawa...!
    Kapan ya bisa ke Sumbawa? :)

    BalasHapus

Book Your Holiday Here