Peluncuran Majalah Budaya "Bulaeng"

Baca Juga

Yah akhirnya sebuah majalah budaya yang bernama Bulaeng di luncurkan tanggal 4 Agustus malam kemarin di kediaman mas Poax Iben. Seorang seniman sekaligus pengamat seni yang tak pernah kehabisan ide dalam hal seni, berkesenian dan segala sesuatu tentang seni.

Saya tidak punya banyak info tentang majalah Bulaeng ini karena malam itu saya pulang lebih awal (jam 00.00) bukan karena saya cinderella boy yang harus pulang tengah malam ya, tapi karena saya punya permaisuri yang kesepian di rumah. Jadi saya hanya bisa menyaksikan awal-awal acara (yang sebetulnya sangat panjang untuk acara awal). Meski cuma sebentar tapi saya dapat menikmati beberapa pertunjukan kawan-kawan yang datang. Yah, acara semi formal ini (atau tepatnya sangat semi formal) boleh dihadiri oleh siapa saja yang mau. Karena acara yang di adakan di halaman rumah mas Paox ini terbuka buat siapa saja yang ingin datang. Ajakan juga hanya lewat facebook kecuali untuk tamu-tamu yang dirasa penting seperti seniman, tokoh-tokoh budaya dan sebagainya yang datang pada malam kemarin.

Seperti nama bidangnya, Majalah Bulaeng nantinya akan terisi dengan peristiwa-peristiwa, lakon, artikel dan sebagainya tentang budaya tentu saja. Nama Bulaeng diambil dari bahasa Sumbawa yang berarti Emas. Kata Bulaeng sering dipake untuk menyebut / motto tidak resmi Sumbawa (Samawa), Samawa intan bulaeng artinya Sumbawa Intan Emas, maksudnya Sumbawa adalah wilayah yang makmur, subur, dan kaya akan hasil bumi yang mengendap di bawahnya seperti emas, perak, tembaga dan lain sebagainya. Yah, memang begitulah adanya. Sumbawa memang tanah yang kaya hanya saja masyarakat lokal kurang mahir dalam pengelolaannya. Akhirnya muncullah perusahaan tambang asing yang mengeruk isi bumi Sumbawa yang jika tidak dipantau akan berakibat fatal.

Nah.. kemana nih arah pembicaraannya. Yah, intinya majalah Bulaeng nantinya akan menampung segala sesuatu tentang budaya khusunya budaya Lokal. Kita tunggu saja kiprahnya dan bagi teman-teman yang berminat memiliki Majalahnya, nanti bisa comment di postingan ini. Berikut foto-foto suasana malam launchingnya (Ini cuma acara awal aja)
'Penampakan Majalah Buleang"
Audiens di awal acara
Nash dkk
The Socio band
Ade isnaini dkk
Tarian Dila Malam
Tarian Dila Malam
Tarian Dila Malam coreo by Joe Think
Tarian Dila Malam
Paox Iben feat Socio
Ngumang
Ngumang
Joe Think in action
Joe Think in action
Puisi Tolong..Tolong..Tolong.. Mas Winsa
Stand Up Comedy Fairuz Abu Macel
Dari penampakan diatas, kelihatan kan kalau acaranya nyantai dan agak-agak gak formal. Tapi asik dan siapa saja bebas berekpresi positif disini. Tuh yang stand Up comedy saja kepala NU NTB lho. Keren kan? Oh ya, postingan ini juga saya posting di www.blogkaji.com monggo mampir untuk lihat-lihat catatan yang lain.
Share:

2 komentar:

  1. kegiatan2 spt ini smoga tetap trs dipertahankan, agar budaya dan nilai2 lokal sumbawa bisa diakses oleh org yang ingin berwisata ke sumbawa

    BalasHapus

Book Your Holiday Here