Ai Puti Kuang Amo

Baca Juga

LSOTour. Kuang Amo adalah sebuah dusun kecil yang terletak di pedalaman hutan kec. Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Di dusun ini Cuma ada beberapa rumah panggung (khas Sumbawa).  Dengan penduduknya yang ramah dan bersahaja. 

Dengan menggunakan sepeda motor,butuh waktu kurang lebih 1 jam dari Desa Berang Rea Kec. Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, atau kurang lebih 2 jam dari kota Sumbawa Besar untuk sampai ke dusun yang unik, indah dan terasing ini.  melewati jalanan berbatu dan berlobang serta menanjak adalah rute menantang sejak melewati desa Berang Rea, butuh kelincahan dan kekuatan dalam mengendarai. Tapi suguhan pemandangan alam perawan sepanjang perjalanan adalah hal yang bisa mengusir rasa lelah.  Iya.. begitu banyak tempat menarik selama 1 jam menuju dusun ini.  Dan yang paling indah diantaranya adalah air terjun Ai Beling.

Tapi kali ini, kami akan mengajak anda untuk mengintip keindahan lain, yang lebih indah lagi, lebih terpencil, lebih menantang,  lebih unik dan lebih terasing. 2,5 jam berjalan kaki menembus hutan perawan Kuang Amo, menyebrangi sungai-sungai bening yang unik. Salah satunya adalah Brang Sedingin, (sungai Dingin), dari namanya kita sudah bisa menduga, air di sungai ini begitu dingin seperti es. Sekalipun di musim kemarau.  Dalam perjalanan melewati hutan perawan  ada beberapa savana rumput yang  indah, tampak seperti huma yang bertuan, padahal tidak bertuan. 


Ada banyak hal lain juga  yang bisa kita  pelajari langsung saat menembus hutan. Seperti belajar bagaimana cara bertahan hidup dgn meminum air dari batang-batang pohon yang merambat, atau kita bisa memetik buah Mangga hutan yang liar.  Jika ingin merasakan  nikmatnya air alam, meminum air sungai yang melintasi hutan adalah hal yang aman. Karena tempat ini adalah salah satu tempat yang tidak terjamah, tidak terkontaminasi apapun.

Air-Terjun-3Air-Terjun-1

Air-Terjun-2

Setelah 2,5 jam perjalanan, dari celah-celah dedaunan hijau dan pohon-pohon indah dari dalam hutan kita akan melihat bentangan warna putih seperti tembok alam. Dan itu adalah Air Terjun Ai Puti atau Air Putih. Airnya yang jatuh tidak seperti biasanya sebuah air terjun, bergemuruh dan gemericik. Air disini selalu tenang  dan damai, orang Sumbawa menyebutnya “Renas”

Dibawah tebingnya yang tinggi ada kolam alam yang cukup luas untuk tempat membenamkan diri melepas lelah. Di bagian atas setelah mendaki tebing batu disebelah air terjun utama ada beberapa Air terjun  dan kolam kolam kecil dengan air jernihnya yang menggoda. Dari sini kita bisa melihat pemandangan alam sekitar hutan yang menakjubkan dan merasakan keterasingan yang sebenarnya dalam kedamaian alam yang tak terjamah.


Share:

1 komentar:

  1. keren bgt itu ai beling. nda nyesal nyampe di sana

    BalasHapus

Book Your Holiday Here