Tak Hanya Indah, Tapi Juga Legenda, Sejarah dan Ilmu Pengetahuan, That's Satonda Island!

Baca Juga

“We can wander through the forest, to the higher place where we can gaze down on the water, to the lake of Motitoi, and let the nature embrace you “­

DSC_0066

LSOtour. Di sisi manapun kamu berada, kamu hanya akan melihat keindahan yang alami, ada perasaan terasing ketika kaki melangkah untuk petama kalinya di pulau kecil yang begitu banyak menyimpan legenda, sejarah bahkan ilmu pengetahuan ini. lihatlah di pinggir danaunya yang indah, disana kamu bisa menjumpai terumbu gampingan Stromatolit yang berasal dari jaman rezen, sekitar Ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu, lihatlah keatas pohon2 di pinggir danau, disana ada banyak pohon berbuah batu, yang digantung oleh para pengunjung yang berharap keinginnannya akan terkabul. Namun sayang ada satu benda peninggalan sejarah yang sempat dihancurkan oleh mereka yang tidak mengerti akan sejarah, adalah sebuah patung seorang ibu yang menggendong anaknya, andai patung itu masih ada, tentunya akan menjadi sebuah object yang sangat unik, dan penting untuk ditelusuri sejarahnya, apalagi lokasinya yang terletak diatas sebuah bukit, dimana kita bisa melihat pemandangan danau Motitoi secara keseluruhan.

DSC_0068

DSC_0059

Di sisi manapun kamu berada, kamu hanya akan melihat keindahan yang alami, ada perasaan terasing ketika kaki melangkah untuk petama kalinya di pulau kecil yang begitu banyak menyimpan legenda, sejarah bahkan ilmu pengetahuan ini. lihatlah di pinggir danaunya yang indah, disana kamu bisa menjumpai terumbu gampingan Stromatolit yang berasal dari jaman rezen, sekitar Ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu, lihatlah keatas pohon2 di pinggir danau, disana ada banyak pohon berbuah batu, yang digantung oleh para pengunjung yang berharap keinginnannya akan terkabul. Namun sayang ada satu benda peninggalan sejarah yang sempat dihancurkan oleh mereka yang tidak mengerti akan sejarah, adalah sebuah patung seorang ibu yang menggendong anaknya, andai patung itu masih ada, tentunya akan menjadi sebuah object yang sangat unik, dan penting untuk ditelusuri sejarahnya, apalagi lokasinya yang terletak diatas sebuah bukit, dimana kita bisa melihat pemandangan danau Motitoi secara keseluruhan.

DSC_0050
DSC_0072

Berjalanlah mengililingi pulau, kamu akan menemukan pantai-pantai perawan yang begitu menggoda, tidak ada kehidupan manusia disana, hanya ada pasir putih, air laut yang tenang dengan keindahan terumbu karang serta biota laut lainnya, hanya ada hutan yang indah di pinggir pantai, tempat dimana kamu bisa merasa begitu dekat dan bersahabat dengan alam.

IMG_1680

Satonda adalah sebuah permata indah yang mempesona, kilaunya memukau, warnanya selalu indah dalam dua musim yang ada, jaraknya sangat dekat dengan pulau Utama (Sumbawa), karena itu suku Mbojo menamakannya SATONDA atau Selangkah saja. hanya butuh 20 menit dengan menggunakan boat motor dari pantai Nanga Miro, kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu untuk sampai di pulau kecil ini. Luasnya mencapai 535 hektar, dengan ketinggian tertinggi mencapai 300Mdpl.

DSC_0090

Melihat keindahan Satonda, siapapun akan berdecak kagum, bahkan mendengar ceritanya saja, para Nature Lovers, Petualang, Traveler, Backpacker mamupun Flaspacker akan mencatatnya segera dalam Wishlist yang pantas untuk dikunjungi.

Alhamdulillah.. beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 19  januari 2014, kami dipercaya untuk menyambut dan menemani para wisatawan asing yang menumpang kapal pesiar Sea Dream dengan bendera Norwegia untuk menjelajahi keindahan pulau Satonda. 

Come with Love back home with Smile!. 
Pick me up Satonda, indahmu membuka mata dunia, mengajak, mengundang mereka diluar sana untuk datang menyapa lalu menikmati semua yang ada

Terima Kasih Ya Malik.. Ya Rahman.. Ya.. Rahim, Engkau Maha Pemurah, Engkau telah mengajari kami untuk mengucapkan Masya Allah, La Quwwatailla billah..  Karena itu, kamipun kembali membawa oleh-oleh terindah bagi keluarga kami, yaitu pulang dengan Selamat!

Miss You SATONDA!! and I LOVE SUMBAWA!!


Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here