5 TEMPAT MENARIK YANG WAJIB DI KUNJUNGI DI LABANGKA

Baca Juga

#AyoKeSumbawa. Labangka adalah termasuk salah satu kecamatan baru dalam Kabupaten Sumbawa, Kecamatan ini terletak di sebelah Timur Kabupaten Sumbawa. Dulunya daerah ini termasuk dalam daerah administrasi Kecamatan Plampang. Luas Kecamatan Labangka mencapai 243.08 Km² dengan total penduduk 10.148 jiwa (Sensus 2010)

Selama ini Labangka hanya dikenal sebagai daerah sentra tanaman jagung di Kabupaten Sumbawa,  Tanah yang luas dengan barisan gunung-gunung hijau tak terjamah menutupi sisi utaranya, sementara bagian selatannya adalah garis pantai yang membentang dengan pasir putih terhampar menghiasi tepian laut dan deru ombak dari Samudera Indonesia.

Lembah lembah hijau saujana mata memandang dengan bukit bukit indah adalah lahan subur sebagai sumber kehidupan disana, beberapa padang luas memisah pantai dengan hiasan batu batu karang sisa bencana tsunami di masa lampau.

Ada begitu banyak potensi yang tersimpan disana, bagai permata-permata tersembunyi. Disana ditepian Samudera, pantai pasir putih akan terlihat menggoda, kekhasan ombaknya yang menghempas adalah karakter kuat dari laut selatan. Disana air laut begitu berkilau, dan disaat tenang warna warna toska akan tampak menghiasi dangkalannya, tebing tebing batu cadas yang unik terlihat indah membingkai pantai, dan semua itu selalu tampak sepi.

Tak cukup 2 hari untuk dapat melihat semua keindahan di Labangka. Banyaknya potensi wisata tersebut tersebar dibeberapa titik, dalam rentang jarak yang cukup jauh dari Barat hingga ke Timur wilayahnya, sehingga anda butuh waktu untuk mengenal daerah ini hingga tak satupun keindahannya yang terlewatkan.

Berikut ini adalah 5 spot menarik yang wajib anda kunjungi di Labangka,  spot spot rekomendasi ini adalah yang terjangkau


A. LABANGKA 1
  1. LIANG DEWA (Gua Dewa)
Entrance


Gua-Dewa-4


Jika anda mengunjungi Labangka, Liang Dewa adalah spot terdekat, dengan jarak tempuh kurang lebih 40 menit dari Kecamatan Plampang.  Gua ini tidak terlalu banyak dikenal oleh para pencinta alam maupun masyarakat sekitar Lebangka. Gua ini masih menyimpan berbagai misteri

Catatan observasi Adventurous Sumbawa Hunting Team telah mengenang gua yang memiliki selah mulut gua kurang  dari 1 meter ini ternyata menyimpan keindahan yang luar biasa, didalamnya sangat luas, terdiri dari 2 ruang utama masing masing panjangnya sekitar 100 meter, dengan lebar kurang lebih 17 meter dan ketinggian dari lantai gua ke langit langit gua sekitar 8-10 meter. Beberapa titik di lantai gua sangat licin karena dipenuhi kotoran kelelawar. Melewati tantangan ini butuh ekstra hati-hati. Di ruang utamanya ada kolam kolam kecil dengan airnya yang jernih merupakan suguhan keindahan perut bumi yang bisa disaksikan di dalam liang dewa,. Disarankan untuk memakai pemandu lokal jika anda ingin memasuki Gua Dewa.
  1. PANTAI DEWA
IMG_4644


Tidak jauh dari lokasi LIANG DEWA, kurang lebih 150 meter, Pantai Dewa terbentang dengan pasir putih yang indah, dipantai ini beberapa pecahan batu karang menghiasi pantai, hempasan ombak besar yang terjadi ratusan tahun bahkan ribuan tahun silam telah membentuk beberapa keunikan di dinding tebing, salah satunya ada gua kecil yang disebut juga Gua Dewa.

B. LABANGKA 3
  1. PANTAI LEPPU
20140524_154804


Untuk menuju ke spot yang memikat ini, anda harus menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan khusus Off Roader, medan menuju ke lokasi cukup menantang, namun hamparan keindahan disana akan membayar lunas semua usaha anda.

Pantai Pasir Putih Leppu, sama dengan pantai pantai indah lainnya di Labangka, sepi sunyi dan tak terjamah. Butiran butiran pasir merica menghiasi bibir pantai. Ada tebing batu yang terpisah dari daratan dan menjorok ke laut, dari sana kamu bisa melihat dengan jelas betapa indahnya Leppu.

C. LABANGKA 4
  1. PANTAI SEDUDU
20141130_143038.jpg2


Kurang lebih 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari kecamatan Plampang anda akan sampai di pantai yang indah ini. Pilihlah sudut terindah dalam pandangan anda, karena disana hanya ada hamparan keindahan sunyi, bak daratan tak bertuan.

Pantai pasir putih yang cukup panjang ini sangat pantas dikunjungi bagi anda yang menyukai tempat-tempat sunyi dan sepi, jauh dari kebisingan. Tidak ada fasilitas yang tersedia disana, siapkanlah bekal dalam perjalanan anda.

D. LABANGKA 5
  1. PANTAI SEBEKIL
10805764_819776721398290_2902360502816045356_n

Photo by : Yudi Rusdian

20141130_154046.jpg2

Muara Sungai Sebekil

Ini adalah kawasan pemukiman terakhir di Kecamatan Labangka. Semakin jauh anda menyusurinya, semakin indah pemandangannya, semakin terasing , semakin alami dan memuaskan.
Pantai ini dipenuhi batu batu kecil yang cantik, yang terbawa oleh arus sungai pegunungan disekitarnya. Ada pertemuan antara sungai dan laut yang begitu indah, membentuk sebuah muara besar dan tampak seperti danau di pinggir pantainya. Disana anda bisa membenamkan diri sambil menikmati alam yang tak terjamah.

Di aliran air sungai menuju laut kita bisa bisa menyaksikan secara langsung, bahwa Tawar dan asin tak pernah bisa menyatu, Itulah beberapa gambaran menakjubkan yang bisa anda nikmati di Labangka 5.

Spot-spot menarik diatas adalah belum termasuk keindahan tak terjamah lainnya yang ada di Labangka. Penjelajahan Tim Adventurous Sumbawa  ini adalah dalam rangka Exploratory. Mendata, menganalisis dan mengkalisifikasi semua potensi yang ada disana, agar kemudian kami bisa merekomendasikannya, termasuk mengupayakan atensi khusus dari pemerintah Kabupaten Sumbawa, agar kiranya semua potensi wisata tersebut dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat Sumbawa pada umumnya dan masyarakat Labangka pada khususnya, dengan menetapkan potensi wisata Labangka dalam program pengembangan Pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Sumbawa.

Ayo Ke Sumbawa !
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here