Jejak Para Leluhur di Gunung Tarakin dan Lutuk Peti

Baca Juga

AyoKeSumbawa. Negeri ini menyimpan begitu banyak keunikan, warisan budaya dan alam yang keduanya merupakan sumber-sumber tak tergantikan dalam kehidupan dan inspirasi. Negeri ini membuka ruang untuk sebuah penemuan, tentang jejak-jejak para leluhur, manusia yang datang sebelum kita.

Warisan yang ada dinegeri ini  adalah sejarah bagi kita, juga bagi generasi nanti, Disana ada Inspirasi untuk kehidupan selanjutnya yaitu masa depan. kita belajar dari sejarah, maka semestinyalah kita menghargai, melestarikan dan melindungi warisan-warisan sejarah baik itu berupa cerita maupun benda.

Gunung Tarakin dan Lutuk Peti Dusun Kuang Amo Desa Sempe Kec. Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa adalah beberapa diantara sekian banyak gunung yang masih menyimpan jejak-jejak para leluhur dari jaman pra-sejarah yang layak untuk diberikan perhatian besar. Di dalam hutan perawan nan indah tersebut 13 titik Penemuan Sarkopagus unik masih bertahan dibawah rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi yang membuat suasana siang seperti temaram diawal malam.

Inilah tambahan bukti dari sekian banyak rentetan bukti yang pernah ada sebelumnya, bahwa disini kita bisa melihat keunikan pola hidup, pola-pola bersejarah yang menjadi bagian dari alur kehidupan manusia yang berkomunikasi lewat gambar dalam pahatan bernilai seni tinggi di permukaan batu-batu besar. Ada kesamaan bentuk dan rupa yang ditinggalkan di beberapa titik yang berbeda, ada gambar binatang dan manusia yang menghiasi dinding-dinding batu menyimpan makna yang sulit untuk diungkap kecuali oleh mereka para ahli.


Mengunjungi dan melihat Peninggalan Pra-sejarah ini membuat kami bahagia juga kecewa. Kecewa karena seharusnya Peninggalan ini menjadi hal yang penting bagi para pihak yang telah diberikan wewenang untuk merawat dan mengelola. Mereka seharusnya tanggap dan kreatif. Masyarakat lokal yang  berada di kawasan tersebut harusnya mendapat pemahaman agar mereka mengerti mengeapa harus merawat, menjaga dan melindunginya. Agar kemudian Penemuan-penemuan penting tersebut tidak hancur oleh tangan-tangan serakah yang sama sekali tidak mengerti nilai-nilai sejarah.

Melestarikan Peninggalan sejarah, mengembangkan keberadaannnya dalam arti memberikan manfaatnya bagi masyarakat adalah sebuah langkah besar dan mulia, untuk menciptakan rasa bangga pada daerahnya, bangga pada sejarah yang pernah ada di daerahnya, bahkan untuk menambah ilmu dan pengetahuan. sebaliknya, membiarkannya tak terurus, tak terawat hingga hancur tanpa jejak adalah sama dengan menghilangkan sejarah itu sendiri.

20140611_103214234
Lokasi 1 Gunung Tarakin

20140611_1159282
Lokasi 2 Gunung Tarakin
20140611_1018301
Lokasi 1 Gunung Tarakin
20140612_09122512
Lokasi 1 Lutuk Peti
Sebelum terlambat, Let’s do Something for Sumbawa’s Heritage Site !


Salam Petualang !

Ayoo Ke Sumbawa !!
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here