Festival Kampung Syahdu, Palompong Lantung Targetkan Rekor Muri

Baca Juga

KM Gempar, Festival Kampung Syahdu Lantung yang diagendakan pada september mendatang merupakan rangkaian dari event Festival Budaya Samawa Tahun 2017. Pada event Festival Kampung Syahdu, Kecamatan Lantung mengangkat beberapa ikon Wisata dan Budaya seperti Kampung Pelangi Dan Desa Kuliner Aimual, Kampung Agro Wisata Desa Lantung, Camping Ground Lenang Indah Negeri Berkabut Desa Sepukur, Obyek Wisata Buin Racin, Waterfall Lampas Perung Desa Padesa dan yang tidak kalah menariknya yaitu permainan alat musik tradisional Palompong Rame yang ditargetkan mendapat rekor muri dengan menampilkan 500 pemain yang akan dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya.
Pementasan Palompong Rame akan dipentaskan dilenang Indah yang merupakan pusat dari Event Festival Kampung Syahdu Lantung. Uniknya, Palompong Lantung tidak seperti Palompong pada umumnya. Palompong Lantung tidak memiliki penyangga atau dudukan yang dimainkan diatas kaki yang disejajarkan.
Pada zaman dahulu, Masyarakat Lantung memainkan Palompong untuk menghibur diri ketika berada di Ladang saat menjaga tanaman dari gangguan hewan hewan liar. Kemerduan dan khasnya Palompong Lantung juga ditentukan dari jenis kayu yang digunakan yaitu kayu yang bersal dari pohon Kayu Kaleang.
Pementasan Palompong Rame ini menjadi Ikon khusus dan ditargetkan meraih Rekor Muri. Hal ini seperti yang dijelaskan Camat Lantung, Bapak Iwan Sofian.
"Semangat berbenah dari Masyarakat Lantung saat ini menjadi senjata utama untuk mempromosikan Wisata Dan Budaya Lantung ke mata Dunia. Salahsatunya pada Ikon Palompong Rame ini yang kami targetkan mendapat rekor muri dengan melibatkan 500 pemain dari empat Desa yang ada di Kecamatan Lantung. untuk itu, kami dari Masyarakat Lantung berharap dukungan dari Pemerintah Daerah, Masyarakat, Para Komunitas Pegiat Wisata, Rekan Rekan Media, dan lain lain agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama" Ulas Iwan Sofian kepada KM Gempar.

Selanjutnya, Kecamatan Lantung dengan Motto "Lantung Berbenah" siap menyapa Dunia dengan berbagai potensi Wisata Dan Budaya yang ada. Kecamatan Lantung ikut mengambil andil dalam meningkatkan perekonomian Daerah melalui sektor Pariwisata. Sejauh ini, sudah berhasil menarik wisatawan, Baik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan asing. Harapan bersama semoga pariwisata Sumbawa lebih dikenal hingga ke Mancanegara.***Ryan Muammar () -03
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here