10 Destinasi Instagramable di Pulau Sumbawa

Baca Juga

Sumbawa semakin hari semakin menunjukan kecantikan dan keindahannya. Tentu saja tidak dengan sendirinya  melainkan karena mulai tumbuh dan muncul anak-anak muda kreatif yang mulai sadar wisata dan sadar bahwa menjaga alam dengan baik maka alam akan jauh lebih ramah pada kita. Walaupun tanpa butuh banyak di permak beberapa destinasi di Sumbawa memang sudah indah dari "sononya". Berkah dari Allah untuk Pulau Sumbawa. 

Belakangan ini mulai gampang menemukan foto-foto dan informasi berkaitan dengan pariwisata Pulau Sumbawa walaupun tak sebanyak informasi pulau seberang tetapi ini adalah kabar baik. Pariwisata Sumbawa mulai menggeliat dan dilirik wisatwan. Entah Domestik maupun Mancanegara. Mengingat Pariwisata Sumbawa masih tergolong wisata minat khusus jadi wajar masih belum terlalu banyak wisatawan yang bisa mengakses Sumbawa dengan cepat. Hanya orang-orang dengan niat dan tekad yang kuat yang bisa sampai Sumbawa dan merasakan menyatu dengan alamnya. Meski begitu sudah banyak pesohor ibu kota dan dunia yang berkunjung ke Sumbawa dan rata-rata Pulau Moyo menjadi tujuan utama mereka. Pulau Moyo memang sudah terkenal di seluruh dunia, bahkan sejak mendiang Lady Diana masih hidup. 

Sumbawa sekarang memiliki anak-anak muda yang kreatif berkat influence dari sosial media yang memudahkan siapa saja untuk mencari inspirasi bagaimana menata destinasi, bagaimana membuat destinasi yang instagramble yang di ukai people zaman now. Banyak anak muda yang bergerak dan menata destinasi yang ada di wilayahnya masing-masing. Sehingga menarik untuk dikunjungi dan bagus untuk difoto kemudian di unggah ke instagram dan social media lainnya

Berikut ini ada 10 Destinasi Instagramable di Pulau Sumbawa yang bisa kamu kunjungi untuk menambah keseruan di feed instagammu :

1. Pulau Moyo

Tidak berlebihan jika kita bilang Siapa yang tak kenal Pulau Moyo? Karena Pulau yang di dalamnya terdapat hutan yang menyimpan keindahan surgawi ini sudah tersohor kemana-mana. Pesohor dunia seperti Rain, Lady Diana, Mc Jagger dll pernah menikmati liburan mereka di pulau ini. Air Terjun Mata Jitu adalah alasan terbesar para wisatawan nekat melakukan perjalanan jauh menuju pulau ini. Terletak di desa Labu Aji Kecamatan Badas, Sumbawa pulau Moyo menjadi salah satu icon pariwisata Sumbawa. Setiap tahun pemerintah Sumbawa mengadakan Festival Pesona Moyo untuk menarik wisatawan. 

Jelas, pulau moyo memiliki tiap sudut yang instagramable banget. Air terjunnya, Aliran Mata airnya yang berwarna tosca bening, pemandangan pantai hingga bawah lautnya siap membuat feed instagram-mu menjadi lebih sedap untuk di-kepo-in.

Foto : @herjunotajie
Foto : @heriand 


2. Puncak Mantar

Terletak di Kec. Seteluk - Sumbawa Barat, Desa yang berada di ketinggian 660mdpl ini semakin ramai menghiasi jagat per-instagram-an Indonesia. Cobe deh cek tagar #DesaMantar #MantarVillage atau search location Puncak Mantar di Instagram, rame banget kan? Ya begitulah, desa yang dulunya tak "tersentuh" listrik, sinyal, dan pendatang ini sekarang sudah menjai primadona juga menjadi destinasi wajib didatangi kalau berkunjung ke Sumbawa. Pemandangan lembah Poto Tano dari puncak Mantar sungguh mengagumkan. Sejauh manta Memandang kita akan melihat kebesaraan Allah. Disebelah barat bertengger Rinjani yang perkasa menambah magis pemandangannya. Berfoto di Mantar itu wajiblah. Gile aja udah capek-capek mendaki tapi ga take a photo. Kamu belum kesini? Segera rencanakan!

Foto : @ksbexplorer 
Foto : @thoryq_akbar11


3. Sarae Nduha

Destinasi yang satu ini luar biasa pesonanya. Terletak di sekitar kaki Gunung Tambora dengan sabana yang luas. Bayangin bukit-bukit savana sambung menyambung di pinggir laut Teluk Saleh di sebelah utara nya kita bisa melihat Gunung Tambora dengan kabutnya. Spot-spot selfie dan tempat duduk cantik juga ada disini. Dijamin kalian akan betah di Sarae Nduha yang semain sore semakin romantis suasananya dan yang paling penting memori harus bawa double biar gak kehabisan. Terletak di Kabupaten Dompu, Sarae Nduha menjadi lokasi favorit untuk menikmati sunset dan sunrise.

Foto : little_foot19
Foto : dewi_adnyawati

4. Pulau Kenawa

Destinasi yang satu ini termasuk destinasi mainstream di Sumbawa Barat. Tapi yakin bakalan bosan?Mimin sendiri gak ada bosan-bosannya ke Pulau Kecil yang mendunia ini. Selalu terpanah setiap melihat padang rumput dan sekelilingnya yang menakjubkan. Banyak sudut yang bisa diexplore untuk memperbarui feed instagrammu. Udah pernah ke Pulau Kenawa?

Foto : @joshuafooo 
Foto : @heriand

5. Batu Dulang

Nah lokasi yang satu ini masih fresh! Sesegar udara di sekitar nya. Batu Dulang terletak di kecamatan Batulante, Sumbawa. Merupakan wilayah Sumbawa yang berhawa dingin karena berada di dataran tinggi Kabupaten Sumbawa. Kalau waktu mimin main ke Samongkat dan Batudulang dulu, belum ada spot cantik ini. Jalan juga belum bagus dulunya, sekarang kalian bisa datang dengan mudah karena akses sudah nyaman dan spot ini siap menghiasi instagram kalian. Jangan lupa check in Lokasinya di Batudulang ya genks, jangan lupa juga hastag #BatuDulang dan #JelajahSumbawa pastinya hehehe

Foto : @yasminewardhani
Foto : nugrohoopi1

7. Pantai Lariti

Belakangan ini viral berita tentang pantai yang air lautnya seperti terbelah, mengingatkan orang-orang pada kisah Nabi Musa yang membelah lautan dengan tongkatnya. Tapi Pantai Lariti ini bukan kisah semavam itu kok. Di Pantai ini ada pulau mungil tak jauh dari bibir pantai yang untuk bisa kesana harus menunggu air surut dulu. Nah ketika air surut muncullah daratan berupa pasir timbul yang seolah membelah air lautke kiri dan ke kanan. Telrihat sangat alami dan tentu saja cantik! Kamu harus datang kesini karena destinasi yang terletak di Desa Soro Kecamatan Lambu Sape - Bima ini untuk menambah koleksi foto destinasi ciamik di feed instagram mu.

Foto : @topengkusu

Foto : @topengkusu


8. Gili Bedis Island

Banyak yang mneyebut pulau ini Raja Ampat mini. Iya juga sih, pulau kecil yang di kelilingi pulau-pulau kecil dan besar lainnya membuat kita teringat Raja Ampat di Papua. Berfoto dengan background pulau-pulau kecil lainnya menjadi hal yang wajib di pulau ini. Pulau ini belum ramai di kunjungi orang jadi bisa dipastikan jika kamu mengapload gambarnya bakalan banyak komentar; ini dimana? dan pertanyaan semacamnya. Oh iya, Gili Bedis terletak di Poto Tano Sumbawa, bisa diakases melalui Desa Poto Tano (tempat penyeberangan ke Gili Paserang dan Kenawa) atau dari desa Sepakek dengan menyewa perahu nelayan. Mimin pilih opsi yang kedua lebih murah meski perahu kecil hahaha

Foto : @yulian_baz
Foto : herjunotajie


9. Uma Lengge

Nah ini langkah nih destinasi seperti ini di Nusa Tenggara Barat tercinta. Uma Lengge adalah sebuah komplek Lumbung Padi masyarakat Wawo yang unik karena sudah ada sejak zaman leluhur mereka masih ada. Mengapa harus di buat disebuah komplek sendiri? dan tidak di dekat rumah? Nah ini alasannya agar supaya ketika bencana terjadi seperti kebakaran dan lain-lain makanan pokok masyarakat tetap aman. Coba deh fotoan seperti foto yang satu ini. Keren ya! atau kamu punya gaya lain? Tag ke @JelajahSumbawa ya

Foto : @heriand
Foto : harun_alryd


10. Air Terjun Kalela 
Salah satu air terjun terhits di belantara instagram Lombok Sumbawa. Air terjun ini hampir mirip Air terjun Mata Jitu. Debit airnya tergantung musim, tapi keindahannya gak kenal musim. Nah kamu bisa jadi bagian dari cantiknya, coba deh ambil foto sini, suasana adem dan jungle-nya dapat banget. Kalau mau kesini kamu bisa datang ke Desa Jereweh - Sumbawa Barat. Jalan kaki cuma 30 menit kok. Yuk ke Air Terjun Kalela.

Foto : @muthiadespi
Foto : @farhansyadli
Sesungguhnya destinasi-destinasi keren di Sumbawa masih banyak yang belum te-rexplore. Untuk mengetahui destinasi keren lainnya silahkan follow Instagram @JelajahSumbawa  
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here