5 Permainan Rakyat yang Harus Kamu Saksikan Saat Traveling ke Sumbawa

Baca Juga

Sumbawa tak hanya terkenal dengan alamnya yang masih alami dan asri. Sumbawa memiliki permainan-permainan tradisional yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Sumbawa. Awalnya permainan-permainan rakyat ini di adakan untuk memeriahkan moment-moment tertentu dalam masyarakat misalnya moment mulainya musim tanam padi, momen menyambut musim kemarau, moment menunggumasa panen, hingga moment setelah panen. Masyarakat merayakan dengan permainan-permainan yang selanjutnya menjadi tradisi yang meiliki daya tarik karena keunikan dan keseruan serta nilai-nilai yang terkandung dalam permainan rakyat ini. Tentu saja di mata para wisatwan baik domestik maupun mancanegara ini adalah sesuatu yang unik dan segar yang harus disaksikan ketika berada di Sumbawa. 

Apa saja Permainan /Event rakyat di Sumbawa yang tak boleh dilewatkan begitu saja? Mari kita mulai.

1. Barapan Kebo
Secara bahasa Barapan Kebo artinya Karapan Kerbau. Sumbawa adalah salah satu daerah yang memiliki banyak padang sabana yang membuat hampir sebagian besar masyarakat Sumbawa di luar ibu kota kabupaten memiliki hewan ternak. Nah salah satu hewan ternak yang banyak dimiliki adalah Kerbau selain Kuda, Sapi, Kambing dan lainnya. Kerbau memiliki banyak manfaat, selain daging dan kulitnya kerbau juga diberi tugas special membantu masyarakat petani untuk membajak sawah. Jadi ektika musim tanam mulai tiba, si kerbau dapat tugas tambahan lagi yaitu bertanding di arena berlumpur Barapan Kebo. Sepasang kerbau pilihan dipilih untuk mengenakan Noga di bawah lehernya, Selanjutnya sang Joki akan berdiri di atas bagian Noga lainnya untuk menyemangati si kerbau agar berlari sekencang mungkin menuju Saka', sebuah pasak yang menjadi finish. Pemenangnya dalah kerbau yang tercepat dan tertepat menyentuh Saka'. Selain dapat hadiah, sang juara harus melakukan aksi Ngumang, semacam speech dalam bentuk Lawas yang berima dan biasanya isinya lelucon-lelucon segar yang tak jarang mengundak sorak sorai dan gelak tawa penonton.

Kamu harus melihat event Barapan Kebo ini jika ke Sumbawa. Atau mau coba naik ke Noga? boleeh banget!

Foto : @Randalpatisamba
Foto :  @Raditya.maulana

2. Main Jaran
Kalau barapan kebo dilakukan pada saat awal musim tanam, maka Main Jaran dulunya diadakan ketika musim mulai kemarau. Tapi sekarang diadakan tidak harus di musim kemarau karena event main jaran sudah masuk ke dalam event-event Pariwisata Sumbawa dan diSupport oleh banyak pihak termasuk pemerintah. Arena Main Jaran juga semakin tertata dengan baik dan rapi. Hanya saja pesan mimin buat kalian yang akan menonton Main jaran jangan lupa siapkan sunblock atau jaket karena cuaca biasanya panas menyengat. Pilih posisi duduk di tribun penonton yang nyaman dan siapkan kameramu. 

Uniknya lagi main Jaran di Sumbawa memakai Joki cilik, jokinya adalah anak-anak kecil usia 4 -7 tahun. Jangan salah mereka memiliki ketangguhan dan keberanian yang kita sendiri belum tentu punya. Lepas dari pro dan kontra joki cilik, Main Jaran adalah permainan yang seru untuk diikuti. 

Foto : marcinkilarski
Foto : @ers_ega

3. Barapan Ayam / Sampo Ayam
Konon permainan ini sudah ada sejak tahun 70an dan konon lagi permainan ini berawal dari sebuah desa di Kecamatan Utan yang bernama Desa Pukat. Sebuah desa yang pada zaman dahulu merupakan bagian dari lautan. Terbukti dengan ditemukannya Sebuah Jangkar Raksasa yang terbuat dari Kayu berumur ratusan Tahun dan hingga saat ini masih kokoh dan bisa dilihat di pelataran Masjid Desa Pukat.

Back to Barapan Ayam, Jadi semakin hari Barapan Ayam semakin dikenal dan menjadi Permainan atau event di hampir semua wilayah Sumbawa bagian tengah hingga barat. Bahkan saat ini lebih sering diadakan di Taliwang ibu Kota Kabupaten Sumbawa Barat dengan event yang meriah dan bertabur hadiah-hadiah yang menggoda. 

Barapan ayam teknisnya gini genks..
Dua Ekor ayam diikatkan pada Noga (ukuran kecil dong, bukan Noga buat kerbau ya bisa mati ayamnya) kemudian seorang joki (jokinya gak perlu naik ke Noga sih) menggiring ayam dengan alat penggiring yang terbuat dari daun lontar yang bentuk seperti sapu lidi. Ayam akan berlari kencang dan harus mengenai Saka'. Yang dinilai sama seperti Barapan Kebo, kecepatan dan ketetapan. Uniknya ayam-ayam yang ikut kompetisinya adalah pasangan-pasangan ayam pilihan dengan bulu dan postur yang kembar identik. Dan tahukah kalian harga ayam-ayam ini bisa sampai berjuta-juta lho. Jadi jika kamu sedang di Sumbawa atau berencana ke Sumbawa luangkan waktu untuk menonton permainan rakyat yang satu ini.

Foto : kusuma_wardhana_
Foto : @highbrowamrullah
4. Karaci
kalau di Lombok ada Perisaian maka di Sumbawa ada Karachi. Sekilas memang sama tetapi secara teknis dan properti sangat berbeda. Jika Perisaian menggunakan Pemukul berupa Rotan kecil yang cetarrr dengan perisai tipis, di sumbawa menggunakan pemukul yang lebih besar ukurannya dengan perisai yang lebih tebal dan besar disebut Mangkar. Kostum Karaci dibuat tebal agar peserta tidak terlalu kesakitan dan wasitnya memegang gala dari bambu untuk melerai. Karaci adalah pertarungan dua pria, biasanya diadakan dalam event-event terntu saja misalnya acara Kesultanan, Event pemerintah dan semacamnya. Permainan ini kalau menurut mimin tidak cocok untuk ditonton anak-anak di bawah umur. Cocok untuk yang menyukai permainan-permainan extreme dan menantang adrenalin.

Oh iya, jika pernah ke Sumbawa maka kalian akan mlihat monumen Karaci di lampu merah tak jauh dari terminal Sumer Payung Sumbawa. 

Foto : pulausumbawanews.net
5. Barempuk
Barempuk ini adalah permainan Rakyat yang diadakan untuk menyambut musim panen padi. Barempuk adalah semacam permainan pertarungan antara dua pria dewasa dengan properti senjata berupa Rise Straw alias Batang Padi alias Jerami. Mereka akan saling menumbangkan dan menggosokkan jerami ke tubuh lawan. Kebayang dong gimana sakit sekaligus gatalnya. Yang kalah jelas yang paling sedikit berhasil menyentuh lawan atau yang tumbang duluan. Permainan ini di adakan di areal persawahan yang baru selesai panen. Hmmm.. kebayang yanaroma segarnya jeraminya. Pasti seru!

Foto :  @mtma_sumbawa
Foto : www.inovasee.com

Nah itu dia 5 Permainan Rakyat yang harus Kamu saksikan saat traveling ke Sumbawa. Jangan sampai terlewatkan ya. Selamat mengeksplor Keindahan dan Keunikan Sumbawa ya.
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here