Lombok Sumbawa Siap Sukseskan Event Internasional Sail Moyo Tambora 2018

Baca Juga

Eksotisnya perairan laut Sumbawa dan cantiknya pulau Moyo, kini siap menyambut para yachter dunia. Event internasional Sail Moyo Tambora (SAMOTA) 2018 akan segera hadir. Lima hari lagi, ragam kegiatan menarik akan dimulai. Selama dua pekan, dimulai hari Minggu 9 September sampai 23 September nanti.

Tak hanya Sumbawa dan Moyo, berbagai rangkaian acara disiapkan. Event rutin yang libatkan yachter dari 42 negara, tahun ini penyelenggaraannya dipercayakan pada NTB (Lombok dan Sumbawa). SAMOTA 2018 menggunakan tagline 'Discover Samota'.

Ragam kegiatan yang tak hanya eksplorasi keindahan Tambora, Moyo dan Lombok. Selama dua pekan, peserta dan pengunjung diajak menikmati ragam kuliner nusantara. Event-event lomba berskala internasional. Seminar International Asia Pacific Geopark Network yang direncanakan berlangsung pada 14 September. Ada pula International Paragliding Competition di desa Mantar, Sumbawa, pada 16 September nanti.

Semua rangkaian kegiatan dimulai di Bima. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Sumbawa. Para yachter akan datang di kota ini, setelah trip mereka dari Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Penyambutan khas dari Kesultanan Bima akan memberikan nuansa tersendiri. Selanjutnya, para yachter akan menikmati megahnya kaldera Tambora. Volcano Tour Gunung Tambora, direncanakan pada tanggal 7 sampai 8 September.

Kembali dari gunung berketinggian 2581 mdpl ini, para yachter dipersiapkan meramaikan Opening Ceremony sekaligus Gala Dinner. Seremoni ini dipusatkan di Kantor Bupati Sumbawa. Pembukaan yang dirangkaikan dengan beragam acara lainnya. Ada Pertunjukan Seni dan Budaya, juga Maritim dan Tourism Expo.

Di hari berikutnya, City Parade menyuguhkan kebudayaan unik Sabalong Samalewa. Masih di hari yang sama, Moyo Tambora Fun Run yang finish di Pantai Saliper Ate, berikan relaksasi bagi para yachter. Sekaligus juga menikmati keindahan pantai alami Sumbawa. Di pantai cantik ini pula dilangsungkan International Culinary Program. Sajian kuliner nusantara dan khas masyarakat setempat.

Selanjutnya, berturut-turut Dialog Budaya Maritim, Investment Forum, serta International Tenun Festival. Wadah untuk mempertemukan para pegiat kreatif dan seni, dengan para investor. Usaha menjembatani terbukanya industri dan investasi bisnis di Sumbawa.

Total 19 rangkaian acara menarik dipersiapkan di SAMOTA 2018. Jika ragam acara di atas berlangsung di Pulau Sumbawa ( Tambora dan Moyo), di pekan ke-2 para yachter akan menikmati eksotisme Lombok.

Para yachter bergerak menuju Teluk Medana dan direncanakan sampai di teluk indah ini pada 20 September. Senggigi Jazz Festival, menjadi pertunjukan utama, berlokasi di jantung kawasan wisata tereksis di Lombok. Penutup dari keseluruhan rangkaian acara, Farewell Party, dilaksanakan di Gili Mas, Lembar. Tepatnya di Dermaga Cruise, di pelabuhan sisi barat Lombok.

Menteri Pariwisata RI, Ir Arief Yahya, tegaskan kesiapan Lombok Sumbawa menyelenggarakan event kelas dunia ini.

"Lombok sudah terbukti sukses sebagai penyelenggara Multi Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018, di awal Mei lalu. Rekam Zero Accident dan Zero Complaint selama pelaksanaan MNEK 2018 merupakan prestasi. Kepercayaan diri atas kesuksesan tersebut yang meyakinkan banyak pihak, bahwa SAMOTA 2018 akan sama suksesnya."

Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Book Your Holiday Here