10 Tempat Wisata di Sumbawa Paling Populer yang Wajib dikunjungi

10 tempat wisata di Sumbawa paling populer yang wajib dikunjungi

Sumbawa salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan padang Safananya dan memiliki berbagai macam hewan ternak ternyata menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona, keindahan alam Sumbawa ini sudah banyak diketahui oleh turis lokal maupun mancanegara, untuk mengetahui lebih dalam apa saja keindahan Sumbawa yang bisa sobat nikmati silahkan untuk membaca artikel ini dan ini adalah 10 tempat wisata di Sumbawa paling populer yang wajib dikunjungi yang telah kami rangkum untuk sobat semua.

1. Pulau Bungin

Pulau ini disebut sebagai pulau yang paling padat di ditinggali oleh manusia di muka bumi, Pulau Bungin yang terletak di kecamatan Alas sekitar 70 km dari kota Sumbawa Besar ini dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia yang dihuni sebanyak lebih dari 14000 jiwa per km2, wilayah dari pulau ini banyak berisi bangunan yang tak menyisakan ruang terbuka bahkan sekedar untuk tumbuh pepohonan, Pulau ini dikenal sangat damai dan masyarakatnya pun selalu aman dan damai Mayoritas penduduk yang tinggal di pulau ini adalah suku Bugis dan Mandar dari Sulawesi.

2. Bukit Mantar

Jika di Jawa ada Dieng sebagai negeri diatas awan di Sumbawa ada bukit Mantar yang disebut sebagai negeri diatas awan, desa yang berada di ketinggian 600 mdpl ini sering kali menyisakan awan di bawah perbukitannya karena daerah ini memiliki ketinggian yang sangat menakjubkan biasanya di daerah ini dijadikan sebagai titik keberangkatan untuk paralayang, bukit ini pernah menjadi tuan rumah sebuah kompetisi paralayang tingkat internasional.

Baca Juga:   Masih Tentang Pesona Poto Tano - Sumbawa

3. Pulau Kenawa

Sumbawa dikelilingi oleh banyak pulau kecil yang akan membuat sobat terpana saat melihat keindahan alam yang ditawarkannya. Pulau kenawa ini tidak berpenghuni dengan luas 15 hektar Pulau ini kerap menjadi tempat berkemah atau sekedar berfoto karena memang pemandangannya sangat indah bila berkunjung ke pulau ini pastikan sobat membawa air bersih karena di Pulau ini tidak terdapat mata air.

4. Pantai Kencana

pantai yang berjarak 11 km dari pusat Kota Sumbawa Besar ini memiliki air laut yang jernih dan pasir dengan warna putih yang indah siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti akan merasakan kenyamanan atas apa yang telah disuguhkan oleh pantai ini.

5. Istana Dalam Loka

Istana Dalam Loka terletak di kelurahan seketeng atau pusat Kota Sumbawa Besar, istana ini menyimpan sejarah mengenai pembentukan wilayah Sumbawa, dimana pembentukan bangunan ini dilakukan pada tahun 1883 hingga 1931 saat Sumbawa di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Syah, istana ini tahan gempa dan tetap kokoh meskipun telah berusia ratusan tahun karena dibangun dengan menggunakan pasak kayu.

6. Pulau Bedil

Pulau ini banyak ditumbuhi ratusan pohon kelapa, di Pulau Bedil ini hanya ada satu bangunan yang berdiri yaitu rumah penjaga pulau sehingga Pulau ini sangatlah sepi dan cocok bila disebut Pulau pribadi.

7. Pulau Paserang

Pulau Paserang ataupun Pasaran tidak seperti Pulau sepi lain di Sumbawa, pulau ini banyak menawarkan kelebihan untuk memudahkan para wisatawan dengan hadirnya Saung, toilet dan penerangan listrik, jika berkunjung ke pulau ini dari sisi Barat sobat bisa memandang megahnya Gunung Rinjani, jika sobat berada di sisi Timur terlihat jelas hamparan laut biru dengan pasir berwarna orange yang terlihat sangat lembut.

Baca Juga:   10 Tips Jalan-Jalan Irit ke Jepang Untuk Pemula

8. Air Terjun Mata Jitu

air terjun Mata Jitu terkenal karena memiliki sumber air yang sangat jernih, di sini memiliki Spot foto yang bagus bagi sobat yang ingin mengambil gambar dengan latar belakang air terjun, karakteristik air terjun ini yang memiliki tiga undakan dengan kolam berwarna hijau jernih, kebersihan kolam air terjun mata jitu sangat diperhatikan oleh pengurusnya sehingga pengunjung tidak boleh sembarangan mandi dikolamnya di disini telah disediakan pemandian khusus untuk pengunjung yang mau bermain air.

9. Pulau Moyo

Pulau dengan keindahan alam yang sudah tidak bisa diragukan lagi ini ternyata mampu menandingi keindahan Pulau Bali, pulau ini sudah sangat terkenal hingga banyak artis terkenal mancanegara yang sudah pernah mengunjungi Pulau ini, Pulau Moyo banyak menawarkan banyak pilihan tempat berlibur yang seru baik di darat hingga di lautnya.

10. Liang Bukal

Liang Bukal menyediakan wahana wisata air yang berbentuk seperti sungai yang sangat menakjubkan dikelilingi oleh tebing besar di bagian kanan dan kiri membuat liang bukal menjadi tempat yang sungguh berbeda dari aliran sungai pada umumnya, untuk mencapai liang bukal sobat bisa melewati gua sepanjang 200 m yang indah dan dihuni oleh kelelawar.

Ok guys itulah 10 tempat wisata di Sumbawa paling populer yang wajib dikunjungi jangan lupa di-share biar temen-temen kamu juga pengen datang ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *