10 Tips Jalan-Jalan Irit ke Jepang Untuk Pemula

10 tips jalan-jalan irit ke Jepang untuk pemula

ke Jepang apa aja sih yang terpenting? semua harus direncanakan dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari seperti pantau tiket promo dan pilih penginapan hotel, itu bisa menghemat hampir 30% dari keseluruhan budget trip kita. Berikut 10 tips jalan-jalan irit ke Jepang untuk pemula.

1. Rencanakan atau persiapan dari jauh-jauh hari

Rencanakan jauh-jauh hari minimal enam bulan sebelumnya, dengan merencanakan jauh-jauh hari kita punya waktu yang cukup untuk pantau promo, kita juga punya kesempatan untuk menabung, lebih bagus lagi dari awal kita sudah tentukan beberapa pilihan tanggal yang pas untuk untuk trip kita atau minimal tandai tanggal yang nggak bisa kita pakai untuk trip, misalnya jadwal Ujian atau jadwal dinas luar kota yang tidak bisa diganggu gugat.

Di akhir tahun gue pasti selalu ngecek kalender tahun depan untuk melihat tanggal-tanggal merah dan waktu yang pas untuk liburan, jadi kalau ada promo kita udah ngak ragu lagi pilih tanggal, apalagi biasanya promo itu waktunya singkat banget kalau kelamaan mikir promonya abis deh.

2. Berburu promo tiket pesawat

Penghematan di pos ini paling penting sih menurut gue, kalau sudah dapet tiket promo budget pasti bakalan hemat, tiket promo ke Jepang yang gue dapat berkisar 2,4 juta sampai 3 juta rupiah murah kan?, jadi pantau terus tiket promo, caranya? kalian bisa langganan jadi member maskapai, member online travel agent, member FB grup khusus Backpacker, biasanya kita akan dapat info event promo, travel fair atau notifikasi harga murah pokoknya kalau ada harga bagus langsung sikat ngak usah kebanyakan mikir.

Kalau bisa pilih rute yang ke bandara Haneda karena bandara Haneda lebih dekat ke pusat kota Tokyo ini jelas menghemat waktu dan biaya karena transport bandara jadi lebih murah gue pribadi selama ini selalu ke Narita karena memang dapat promo yang ke Narita, oh ya usahakan pilih pesawat yang berangkat dari Indonesia malam hari selain waktu yang pas untuk kita istirahat di pesawat dan sampai di Jepang biasanya siang hari jadi kita masih punya cukup waktu dan cukup istirahat untuk memulai petualangan kita di Jepang.

Baca Juga:   5 Cafe Terdekat dari Alun-alun Yogyakarta yang Super Cozy

3. Menginap di hostel

Kalau mau liburan murah ya nginep di non hotel soalnya rata-rata harga hotel di Jepang mahal banget cuy, hostel di jepang rata-rata bersih dan nyaman kok, untuk cewek pilih yang female dorm ya supaya lebih aman boleh juga sih kalau kalian mau nyobain mix dorm karena biasanya lebih murah tapi sekali lagi Saran gue sih untuk cewek mendingan di female dorm aja harga sewa hostel berkisar Rp100.000 sampai Rp300.000 per malam pesan hostelnya di mana sih? kalau gw tergantung dimana ada promo, hidup promo dan gratisan.

Di trip Januari 2020 kemarin gue dapat promo di Traveloka tapi biasanya gue lebih sering pesan di Agoda Karena harganya lebih bersaing dengan sering ada kode promo yang lumayan, oh ya jangan lupa cek rating dan testimoni pengunjung ya, saran nginep di hostel ini khusus untuk traveller ya nggak bawa anak kecil atau orang tua kalau bawa anak kecil atau lansia kayaknya kita harus mempertimbangkan kenyamanan mereka dan terkadang ada hostel yang memberlakukan batasan usia demi kenyamanan tamu lain, mungkin kalau jalan bareng lansia atau anak kecil kita lebih baik sewa apartemen atau sewa di airbnb, cari penginapan yang jaraknya dekat dengan Stasiun kereta khususnya jalur kereta yang paketnya kita beli jangan sampai padahal kita beli tokyo subway pass egh penginapan kita lebih dekat Stasiun JR wah kalau gitu jadi keluar uang lagi deh ngak jadi ngirit.

4. Fokus di satu kota

Gua dapet saran ini dari beberapa teman yang udah duluan ke Jepang, kata mereka, kalau kita baru pertama ke Jepang yang cuma 7 hari mendingan fokus di satu kota aja, kata mereka lagi kalau kita ngotot ke Golden route Tokyo-Osaka-Kyoto kita bakalan capek di jalan apalagi kalau baru pertama kali ke jepang kita butuh waktu untuk adaptasi dulu kan, enaknya kalau kita fokus satu kota aja kita jadi bisa lebih hemat karena tidak mengeluarkan budget tambahan untuk transport antar kota.

5. Bikin itinerary yang detail

karena harus direncanakan jauh-jauh hari dan mau berhemat kita harus bikin rencana perjalanan atau itinerary kita harus sudah tahu mau ke mana? lokasinya di mana? transportasinya apa? dan biayanya berapa? Saran gue satu hari kalau bisa 2 atau 3 spot aja dan usahakan jaraknya yang berdekatan, Oh ya jangan lupa cari info stasiun terdekat ya itu penting banget untuk ngirit, itinerary yang kita buat sebenarnya untuk petunjuk umum aja sih supaya kita enggak ngeblank, pasti di sana nanti kalau pun nanti pas hari H itinerary meleset atau dimodifikasi ya ngak masalah.

Baca Juga:   5 Cafe Terdekat dari Alun-Alun Kota Semarang yang Recomended

6. Pilih paket transportasi terusan

Untuk transportasi dalam kota di Tokyo, gue saranin kalian beli paket tiket terusan, sebenarnya ada beberapa macam tiket terusan yang termurah dan yang biasa dipakai adalah Tokyo subway pass, Tokyo subway pass tersedia untuk 24, 48 dan 72 jam harganya 800, 1200 dan 1500 Yen, tiket ini bebas dipakai berkali-kali naik turun kereta asalkan masih di dalam jalur tokyo subway pass, pass ini cocok banget untuk kita yang baru pertama kali ke Tokyo dan baru mempelajari sistem transportasi di Tokyo Jadi kalaupun nyasar atau salah naik kereta kita nggak perlu lagi keluar uang lebih lagi ya, dan karena mau ngirit transport siapkan fisik kita untuk lebih banyak jalan kaki.

Untuk transportasi di bandara Narita pilih kereta Keisei Narita skyaccess harganya relatif murah sekitar 1300 an yen naik bus Keisei juga lebih murah cuma 1000 Yen kalau gue kemarin sengaja daftar jadi member fun japan Indonesia dengan mendaftar jadi membernya kita dapat 1 voucher gratis bus Keisei Narita senilai 1000 Yen lumayan kan jadi ngirit 1000 Yen.

7. Pilih spot wisata yang gratis

Kalau mau hemat udah pasti kita harus pilih spot wisata yang gratis di Jepang terutama di Tokyo banyak banget kok spot wisata yang gratis, mau lihat tokyo dari ketinggian kita bisa ke Tokyo government Metropolitan Building atau ke Bunkyo Civic center, mau foto bareng Patung Hatchiko? tinggal ke Shibuya, sekalian kalian mencoba sensasi nyebrang bareng ratusan orang di Shibuya Cossing atau mau ke kuil kuil? banyak banget, taman dan kebun yang cantik juga banyak banget di Tokyo gratis pula, museum – museum juga gratis atau kita juga bisa ikut tour istana Kaisar menurut gue sih setiap sudut kota Tokyo itu cantik banget bahkan jalan di pinggir sungai aja udah bahagia banget sekali lagi pilihlah spot wisata yang jaraknya dekat dekat dengan stasiun kereta yang sesuai dengan pass yang kalian beli.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata di Sumbawa Paling Populer yang Wajib dikunjungi

8. Utamakan pemakaian internet untuk Google Maps

Menurut gue paket internet itu penting apalagi untuk kalian yang baru pertama kali ke Tokyo pasti butuh banget untuk Google Maps, kalau udah selesai browsing atau untuk pakai Google Maps biasanya paket internetnya gue matiin supaya lebih irit, update sosmednya mah nanti aja di hostel biasanya di hostel wifinya malah lebih kenceng, oh ya supaya lebih irit dan lebih lancar biasanya di hostel malam sebelumnya gue akan browsing tempat yang akan dikunjungi besok harinya Supaya besoknya gue lebih siap dan nggak buang-buang waktu.

9. Bawa makanan instan

kalau mau ngirit banget Mendingan bawa makanan instan dari rumah repot dikit nggak apa-apa yang penting bisa ngirit dan terjamin kehalalannya, kemarin gue bawa mie instan, dendeng balado, kering tempe, abon, kurma, biskuit dan yang lain, temen gue bawa beras dan oatmeal kami juga bawa alat masak praktis yang dibeli di Daiso Jadi kami bisa masak nasi dan masak telur di microwave apalagi pas pergi musim dingin duh jangan sampai kelaperan deh, nanti yang ada kita malah masuk angin dan drop,

oh ya kalau mau belanja lebih baik belanja di supermarket yang besar ya soalnya harga di supermarket lebih murah daripada di convenience Store atau konbini seperti di FamilyMart atau 7eleven beberapa supermarket yang gue tahu adalah Hanamasa, Maruman dan Aeon.

10. Beli oleh-oleh di toko serba 100 Yen

Gue selalu beli oleh-oleh di Daiso emang sih di Indonesia udah ada Daiso, makanya cari barang yang unik yang ngak ada di Indonesia dan kalau bisa cari yang made in Japan, kita semua tahu made in Japan pasti kualitasnya nomor 1 gue sih suka ngumpulin Mini Lego yang lucu-lucu dan kaos kaki yang imut-imut, masih banyak kok toko-toko serupa seperti Seria, 3 Coins dan lainnya kalian cek aja sendiri nanti.

ok guys demikian 10 tips jalan-jalan irit ke Jepang untuk pemula dari gue Semoga tips ini bermanfaat dan bikin trip nyaman meskipun dengan budget pas-pasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *